PULE Mania !!!

Administrator 06 Maret 2019 08:50:49 WIB

Kreativitas warga Desa Giriasih dalam pemanfaatan Sumber Daya Alam sebagai tambahan penghasilan keluarga patut menjadi contoh. Salah satunya adalah bisnis tanaman perindang. Bisnis ini mulai semarak digaungkan di Padukuhan Ngoro-oro, penjualannyapun melalui media online.

Selain sebagai tanaman perindang, Pule juga sangat cocok untuk mempercantik halaman rumah, dikarenakan karakter pohonnya sangat menawan dengan guratan-guratan akar dan batangnya.

Marsidi, salah satu warga Padukuhan Ngoro-oro, Giriasih salah satu pelaku usaha ini mengaku kebanjiran orderan tanaman pule perindang ini. Menurutnya pangsa pasarnya sangat bagus dan keuntungan yang didapat juga sangat menggiurkan.  

Pulai atau pule (Alstonia scholaris) merupakan  tanaman keras yang hidup di pulau Jawa dan Sumatra. Kualitas kayunya tidak terlalu keras dan kurang disukai untuk bahan bangunan karena kayunya mudah melengkung jika lembap. Pohon ini banyak digunakan untuk penghijauan karena daunnya hijau mengkilat, rimbun dan melebar ke samping sehingga memberikan kesejukan. Kulitnya digunakan untuk bahan baku obat. berkhasiat untuk mengobati penyakit radang tenggorokan dan lain-lain.

Pohon pulai dapat mencapai tinggi 40 m. Daunnya hijau mengkilap dengan bagian bawah daun berwarna lebih pucat Daunnya menjari dengan jumlah tiga sampai sepuluh daun dan petiole sepanjang 3 cm. Bunganya mekar di bulan Oktober dan memiliki aroma yang harum. Biji dari pulai berbentuk oblong dan berambut. Kulit kayunya tidak memiliki bau namun memiliki rasa yang sangat pahit, dengan getah yang cukup banyak.

Bagi pecinta tanaman pule perindang , yang ingin mempercantik halaman rumah sekaligus asri, bisa segera berkunjung ke Desa kami.

 

Bravo Giriaish !!!

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Giriasih

tampilkan dalam peta lebih besar