Partisipasi Teleconference Desa Giriasih

Administrator 03 Mei 2019 10:56:01 WIB

GIRIASIH (SIDA) - Salah satu cara Pemerintah Kabupaten Gunungkidul untuk meningkatkan daya saing daerah yakni dengan mempercepat pemasangan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi. Selain mempercepat pelayanan publik, percepatan penasangan infrastruktur teknologi infirmasi komunikasi juga dapat meningkatkan daya saing masyarakat. Kabupaten Gunungkidul saat ini telah mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi berbasis serat optik untuk meningkatkan kualitas pelayanan diberbagai sektor. 

Untuk menjadikan teknologi informasi komunikasi sebagai upaya pelayanan publik Desa, hal tersebut disampaikan Bupati Gunungkidul Hj. Badingah, S.Sos pada acara Temu wicara Bupati Gunungkidul dan peresmian I - Des Kafe , bertempat di Balai Desa Giritirto, Kamis (02/05/2019). Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati dan Wakil Bupati Gunungkudul, Komandan Kodim, Pimpinan Icon+, Kepala Dinas pariwisata, Kepala Bappeda, OPD, PU, Kadis Kominfo, Camat Purwosari dan Forkompimca, Kepala Desa dan Perangkat Desa, BPD, LPMD, PKK, Karang Taruna, RT RW, dan Tokoh masyarakat.

Acara yang dimulai sekita jam 12.00 WIB diawali dengan pengguntingan pita peresmian I-Des Kafe di Padukuhan Petoyan. I-Des Kafe dibangun tepat pada lokasi strategis, karena berdekatan dengan Pasar Desa yang mana menjadi tempat bagi warga untuk melakukan perputaran ekonomi. Selain itu, juga berdekatan dengan lokasi dimana Pemuda Pemudi Petoyan (OP3) aktif melaksanakan kegiatan sosial dan ekonomi, seperti Kampung Ramadhan dan Bazar.

Selesai acara pemotongan pita, Bupati beserta rombongan menuju Aula Balai Desa Giritirto. Memasuki halaman Aula Desa, Bupati dan rombongan diiringi dengan Gending Jawa. Kegiatan yang dilaksanakan meliputi sambutan Bapak Camat Purwosari, Laporan penyelenggara Kadis Kominfo, dan pemaparan materi yang disampaikan Bupati dan Wakil Bupati.

Dalam sambutannya, Camat Purwosari Bapak Purwono,S.IP, M.Si mengucapkan terima kasih kepada Bupati Gunungkidul karena dalam kurun waktu 2 tahun ini Kecamatan Purwosari mengalami perkembangan pembangunan. Diantaranya pembanguna Puskesmas Purwosari di Desa Giripurwo dan pengembangan kawasan pariwisata paralayang di Desa Giricahyo. Beliau juga mengucapkan terimakasih dengan adanya status perubahan jalan, dari semula berstatus jalan Desa menjadi berstatus jalan Kabupaten.

Kepala Dinas Kominfo dalam sambutannya melaporkan bahwa kominfo telah menyelesaikan pengintegrasian internet diseluruh Kecamatan purwosari. Harapannya, setelah ada internet gratis ini dapat memperlancar akses komunikasi. Untuk Desa yang mendapatkan internet gratis agar selanjutnya dapat memaksimalkan Sistem Informasi Desa (SID), terutama layanan surat menyurat.

Selesai sambutan Camat Purwosari dan laporan Kadis Kominfo, dilanjutkan dengan pemaparan Bupati Gunungkidul Ibu Hj. Badingah, S.Sos. Beliau berharap dengan adanya internet gratis ini masyarakat Kecamatan Purwosari mempunyai daya saing yang lebih. Beliau juga menegaskan bahwa saat ini kemajuan teknologi telah berkembang pesat, untuk itu kepada masyarakat agar selau mau belajar untuk mengikuti perkembangan teknologi informasi. Jika ada kerusakan atau kesulitan dalam mengelola fasilitas internet gratis ini, agar selalu berkomunikasi dengan kominfo. Beliau sangat berharap dengan adanya internet gratis ini dapat dimanfaatkan masyarakat menuju kesejahteraan.

Rangkaian acara yang terakhir adalah Teleconference dengan Desa -Desa lain di Purwosari. Kegiatan ini untuk memastikan internet dari kominfo dapat berjalan dengan lancar.

Belum ada komentar atas artikel ini, silakan tuliskan dalam formulir berikut ini

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Giriasih

tampilkan dalam peta lebih besar