Bersih Lingkungan

13 Agustus 2019 09:19:46 WIB

Kebersihan adalah bagian penting dari gaya hidup sehat. Kegiatan bersih-bersih membantu mengusir kuman penyebab penyakit. Memelihara kebersihan pribadi juga berdampak baik pada interaksi Anda dengan orang lain. Anda harus berfokus membersihkan diri sendiri dan juga tempat tinggal, seperti rumah atau apartemen. Selain itu, jaga kebersihan saat di luar, seperti ketika bekerja atau dalam perjalanan.

Mandi teratur. Membersihkan badan secara teratur merupakan bagian penting rutinitas higiene sehari-hari.Anda harus berusaha mandi satu atau dua kali sehari, tetapi tidak terlalu sering karena dapat membuat kulit kering. Anda juga harus mandi jika banyak berkeringat, seperti setelah berolahraga atau beraktivitas di luar pada cuaca yang panas dan lembap.
  • Pastikan Anda membersihkan bagian tubuh yang paling berkeringat, termasuk ketiak, genital, dan payudara. Anda juga harus membersihkan kaki saat mandi. Gunakan waslap dan sabun untuk membersihkan sela jari dan telapak kaki.Setelah mencuci kaki, keringkan secara menyeluruh. Ini membantu mencegah masalah seperti kutil atau kutu air.
  • Cuci rambut. Seberapa sering Anda harus keramas ditentukan oleh jenis rambut. Rambut yang halus dan tipis perlu dicuci lebih sering. Cuci rambut ketika sudah berminyak dan lepek.
  • Anda perlu bereksperimen untuk mengetahui frekuensi keramas yang pas. Tidak terlalu sering keramas membantu mengumpulkan minyak alami rambut dan membuat rambut lebih kuat.
  • Bersihkan gigi dan mulut. Untuk menjaga kebersihan mulut dan menciptakan napas yang segar, Anda harus menyikat gigi dua kali sehari. Menyikat gigi akan mengangkat sisa makanan dan plak yang menyebabkan gigi berlubang. Selain itu, Anda harus membiasakan diri menggunakan benang gigi sekali sehari.
    • Sikat gigi setidaknya dua menit, sekali di pagi hari dan sekali pada malam hari. Cobalah menggunakan alarm atau mendengarkan satu lagu sambil menyikat gigi. Sikat gigi berbulu lembut merupakan pilihan terbaik karena tidak akan merusak gusi.
    • Pegang sikat gigi pada sudut 45 derajat dari gusi, dan sikat gigi dengan gerakan pendek dari atas ke bawah. Sikat sisi luar dan dalam gigi, geraham, dan lidah.
    • Pilih pasta gigi fluorida. Jika Anda memilih pasta gigi tanpa fluorida, rajin-rajinlah merawat gigi. Hindari varian pemutih karena dapat mengikis gigi.
      Cuci tangan. Mencuci tangan secara teratur akan menjaga kesehatan dan kebersihan Anda. Pertama, basahi tangan, matikan keran, dan gosok tangan dengan sabun hingga berbusa selama paling tidak 20 detik. Bilas dengan air bersih yang mengalir, dan keringkan dengan handuk kering atau biarkan kering dengan sendirinya.[8] Anda harus mencuci tangan pada saat-saat berikut:
      • Jika tangan tampak kotor
      • Sebelum menyiapkan makanan atau makan
      • Sebelum dan setelah merawat orang sakit
      • Sebelum dan setelah merawat luka
      • Setelah mengeluarkan ingus, bersin, atau batuk
      • Setelah menggunakan kamar mandi
      • Setelah memegang sampah
      • Setelah memegang hewan atau membersihkan kotoran hewan
      • Setelah menyentuh permukaan yang sering disentuh orang lain[9]

Komentar atas Bersih Lingkungan

Formulir Penulisan Komentar

Nama
Alamat e-mail
Kode Keamanan
Komentar
 

Pencarian

Komentar Terkini

Media Sosial

FacebookTwitterGoogle PlussYoutubeInstagram

Statistik Kunjungan

Hari ini
Kemarin
Pengunjung

Lokasi Giriasih

tampilkan dalam peta lebih besar